Memilih Jalan Sebagai Entrepreneur / Berdikari

pramoedya-ananta-toer-berbahagialah

Memilih Jalan sebagai Entrepreneur atau Berdikari (berdiri di atas kaki sendiri)

Semua Orang Ingin Cepat Kaya, Ingin Kepastian Hidup, tetapi kenapa mereka memilih jalan sebagai entrepreneur atau Berdikari ?

Saya sangat salut dengan orang-orang yang memilih jalan hidup sebagai Entrepreneur, karena orang-orang tersebut berada di sekitar saya, yaitu sahabat dan salah satu adik saya memilih jalan itu, mereka adalah ornag-orang yang berani, disiplin, spesialis dan memiliki tekad sekeras batu karang. Ada beberapa Hal yang harus dijabarkan secara jelas dalam poin-poin ini.

BERANI

Ya, mereka berani menghadapi ketidakpastian pendapatan, dibandingkan dengan orang-orang yang bekerja kantoran, padahal kalau kalian tahu, pendapatan mereka sebenearnya bisa lebih besar dari pekerja kantoran, saya bisa lihat sendiri dari achievement dan hal-hal apa saja yang sudah mereka punya. Mereka pun berani mengahadapi cibiran orang-orang sekitar tempat tinggalnya, dan membalikkan cibiran tersebut dengan hasil yang sudah didapat.

DISIPLIN

Bekerja sendiri berarti harus mempunyai disiplin yang tinggi, anda adalah bos bagi diri anda sendiri, harus bisa mengatur deadline klien, dan gangguan atau hambatan yang berada di dalam rumah. Harus fokus karena ini mengurus bakul nasi kalian sendiri, kalau kalian sendiri yang malas, ya langsung kena efeknya ya kalian sendiri, mereka sudah menetapkan skala prioritas, dan mereka lebih sering begadang demi menyelesaikan deadline dari klien dan menyelesaikan masalah yang timbul dari pekerjaan mereka sendiri.

MULTITASKING

Menjadi Entreperenur awalnya, harus melakukan semuanya sendiri, dari main job, promosi, customer service, approach klien, dan eksekusi harus semuanya sendiri, kalau bukan kalian sendiri, memangnya kalian sudah mampu bayar orang buat melakukan pekerjaan kalian? Kalau sudah banyak klien, dan order, biasanya mereka akan hire freelancer un tuk membantu pekerjaan mereka, dan itu jadi simbiosis mutualisme untuk komunitas profesi mereka.

SPESIALIS

Meskipun melakukan banyak pekerjaan dalam setiap projectnya, mereka tetap menguasai satu bidang yang mereka kuasain dan jadi bakul nasi mereka, ga mungkin mereka bisa menguasai semua halnya, tetap ada 1 hal yang harus dispesialiskan, kamu mau branding diri kamu sebagai apa.

TEKAD KERAS / MENTAL TAHAN BANTING

Yang ini sih harus jadi modal utama sebenernya, saat saya lagi briefieng final project saya dengan klien, dia pernah cerita, dia udah usaha di bidang dia selama 9 tahun, dan 13 kali gagal, tapi dia coba terus sampai berhasil kaya sekarang, kalian tau semua kata dia apa ? Dia Bilang :

“ Usaha Boleh Bangkrut, Tapi Mental ga boleh ikutan Bangkrut juga “ ,

memang bener, kegagalan Cuma keberhasilan yang ketunda, saya udah ketemu banyak orang yang cerita jatuh bangun di hidup dan usahanya, dan memang untuk terus melaju, harus punya mental Tahan Banting.

Mungkin segitu dulu poin-poinnya, kalau memang ada lebih lagi, akan saya update di lain waktu. Intinya, tidak ada yang salah dengan menjadi karyawan atau bekerja dengan orang lain, tetapi jika memang bisa untuk bekerja mandiri atau berdikari, itu akan lebih baik, mendingan bikin makmur usaha sendiri kan, daripada usahanya orang lain ?

“Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri, bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri” – Pramoedya Ananta Toer

Iklan

7 pemikiran pada “Memilih Jalan Sebagai Entrepreneur / Berdikari

    • walah, baru aku buka nih mbak chika komen di blog saya *achievement unlock dikomen selebtwit* , selama tidak bekerja formal / corporate , dan menghasilkan uang demi bertahan hidup #mulaiberatbahasannya , ya itu bisa disebut entreperenur lah mbak….. sukses trus ya mbak sebagai freelancer, i’m your silent reader at your blog mbak 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s